1 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik terhadap pendidikan | pedagogik |
2 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | Membedakan berbagai aspek perkembangan peserta didik berdasarkan ciri-cirinya | pedagogik |
3 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | Menentukan kesulitan belajar | pedagogik |
4 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | Menentukan faktor penyebab kesulitan belajar | pedagogik |
5 | Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. | Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MI | Merancang kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan pembelajaran yang dipilih | pedagogik |
6 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. | Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI | Memilih pengalaman belajar yang sesuai dengan lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelasV1 | pedagogik |
7 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. | Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. | Menentukan materi pembelajaran yang esensial sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditentukan | pedagogik |
8 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. | Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | pedagogik |
9 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. | Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan | Melaksanakan pembelajaran pembelajaran yang mendidik di kelas, laboratorium, maupun lapangan sesuai rambu-rambu kurikulum yang berlaku | pedagogik |
10 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. | Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelas VIuntuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh | pedagogik |
11 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. | Mengidentifikasi jenis-jenis media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran | pedagogik |
12 | Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. | Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal. | Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek pengetahuan untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik | pedagogik |
13 | Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. | Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal. | Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kreativitas untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik | pedagogik |
14 | Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. | Berkomunikasi scr efektif, empatik, & santun dg peserta didik dg bhs yg khas dlm interaksi pembelajaran yg terbangun scr siklikal dr (a) penyiapan kondisi psikologis , (b) memberikan pertanyaan/tgs sbg undangan u/ merespons, (c) respons , (d) reaksi guru, | Memberikan tanggapan terhadap respon peserta didik dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun | pedagogik |
15 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI. | Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI kelas 4 s.d kelas 6. | pedagogik |
16 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Menentukan instrumen evaluasi proses dan hasil belajar | pedagogik |
17 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Memvalidasi instrumen yang akan digunakan | pedagogik |
18 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar | Menentukan teknik evaluasi proses dan hasil belajar | pedagogik |
19 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar | Menerapkan teknik evaluasi proses dan hasil belajar | pedagogik |
20 | Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. | Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar. | Mengkonstruksikan hasil penilaian dan evaluasi dengan KKM yang sudah ditentukan | pedagogik |
21 | Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. | Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. | Merancang program remedial dengan menggunakan hasil penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran | pedagogik |
22 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | pedagogik |
23 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI. | Mengidentifikasi permasalahan Pembelajaran di kelas terkait lima mata pelajaran SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTK. | pedagogik |
24 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI. | Merumuskan masalah di kelas terkait lima mata pelajaran SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTK | pedagogik |
25 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. | Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa | profesional |
26 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. | Menerapkan ragam bahasa Indonesia dalam pembelajaran | profesional |
27 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Menerapkan kaidah bahasa Indonesia (morfologi=tata bentukan dan tata istilah sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar) | profesional |
28 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Menerapkan kaidah bahasa Indonesia semantik (makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar) | profesional |
29 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sintaksis (tata kalimat sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar) | profesional |
30 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis) | profesional |
31 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif. Membaca, membaca teks, membaca nyaring. | profesional |
32 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Memahami teori dan genre sastra Indonesia. | Membedakan sastra lama dan sastra baru | profesional |
33 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Memahami teori dan genre sastra Indonesia. | Menjelaskan genre sastra Indonesia | profesional |
34 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif. | Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi | profesional |
35 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menentukan relasi (lebih dari, kurang dari, atau sama dengan) antara dua pecahan dengan penyebut berbeda. | profesional |
36 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menggunakan KPK dan FPB dalam penjumlahan atau pengurangan dua pecahan atau lebih dengan penyebut berbeda. | profesional |
37 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menentukan untung atau rugi yang melibatkan perbandingan dan bilangan pecah dalam bentuk persen. | profesional |
38 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menginterpretasikan data yang ditampilkan dalam bentuk tabel, diagram batang, atau diagram lingkaran. | profesional |
39 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menentukan rata-rata, median, atau modus suatu kumpulan data dengan menggunakan statistik sederhana. | profesional |
40 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menerapkan hubungan antara waktu, jarak, dan kecepatan | profesional |
41 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menentukan luas daerah bangun datar (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajargenjang, layang-layang, trapesium, segitiga, lingkaran, gabungan bangun datar) | profesional |
42 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menunjukkan hasil rotasi dan pencerminan suatu poligon dengan menggunakan gambar | profesional |
43 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menentukan volume bangun ruang (kubus, balok, limas, prisma, silinder dan gabungan bangun ruang) | profesional |
44 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). | Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Menyelesaikan masalah matematika atau masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan operasi hitung campuran, bilangan berpangkat dan akar, FPB dan KPK | profesional |
45 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). | Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Menyelesaikan masalah matematika atau masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat dan bilangan pecahan | profesional |
46 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika). | Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan | profesional |
47 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). | Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. | Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat. | profesional |
48 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). | Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. | Menjelaskan pembentukan makanan pada tumbuhan hijau | profesional |
49 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). | Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. | Mendeskripsikan jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia | profesional |
50 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). | Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. | Mengidentifikasi perubahan wujud benda | profesional |
51 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). | Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. | Membedakan campuran homogen dari campuran heterogen | profesional |
52 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). | Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. | Menentukan suatu hasil pengukuran | profesional |
53 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). | Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. | Menjelaskan pemanfaatan gaya dalam pesawat sederhana | profesional |
54 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). | Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. | Menjelaskan perubahan energi | profesional |
55 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). | Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. | Menentukan perbedaan waktu di suatu tempat | profesional |
56 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). | Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. | Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan lingkungan | profesional |
57 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). | Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS. | Menganalisis hakekat mempelajari ilmu Pengetahuan Sosial | profesional |
58 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). | Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS. | Menentukan kajian materi pembelajaran IPS yang meningkatkan pemahaman pengetahuan IPS | profesional |
59 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). | Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS. | Menganalsis aktivitas pembelajaran yang meningkatkan keterampilan IPS | profesional |
60 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). | Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS. | Menjelaskan konsep-konsep pada materi pembelajaran IPS | profesional |
61 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). | Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global. | Menjelaskan nilai-nilai ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinekaan dan dinamika kehidupan global | profesional |
62 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). | Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global. | Menganalisis aktivitas pembelajaran yang meningkatkan sikap menghargai perbedaan keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia | profesional |
63 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). | Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global | Mengidentifikasi fenomena interaksi IPTEK dan perkembangan masyarakat dalam ketergantungan global | profesional |
64 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). | Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global | Menganalisis penyebab interaksi IPTEK, seni dan agama terhadap perkembangan masyarakat | profesional |
65 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS). | Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global | Menganalisis dampak interaksi IPTEK, seni dan agama terhadap perkembangan masyarakat | profesional |
66 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). | Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn. | Menganalisis contoh perilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat berbangsa dan bernegara | profesional |
67 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). | Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn. | Menganalisis kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan secara tematik sesuai dengan karakteristik mata pelajaran | profesional |
68 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). | Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara. | Menganalisis prinsip kepribadian nasional berdasarkan kebhinekaan budaya daerah | profesional |
69 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). | Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara. | Mendeskripsikan demokrasi konstitusional Indonesia sesuai dengan semangat kebangsaan | profesional |
70 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). | Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara. | Menganalisis contoh sikap dan perilaku cinta tanah air serta bela negara berdasarkan karakter masyarakat Indonesia | profesional |
71 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar | Mendeskripsikan prinsip penegakan hukum yang adil dan benar | profesional |
72 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar | Menganalisis contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual | profesional |
73 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). | Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia. | Menjelaskan konsep moral kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia | profesional |
74 | Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn). | Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia. | Menganalisis contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual | profesional |
75 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. | Memahami tujuan pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI | Menganalisis aktivitas pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran di SD/MI kelas IV s.d kelas VI. | profesional |
76 | Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu | Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. | Menentukan ruang lingkup materi/bahan ajar sesuai dengan IPK lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelas IV. | profesional |
77 | Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. | Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus. | Memilih bahan refleksi yang tepat untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru | profesional |
78 | Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. | Mengetahui konsep dan prosedur penelitian tindakan kelas | profesional |
79 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi. | Menggunakan webblog untuk mengirim dokumen literatur pembelajaran matematika SD, kelas IV dan s.d VI. (1) | profesional |
80 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri. | Menggunakan situs Learning Management System (LMS) untuk mengikuti pelatihan online bagi guru SD kelas IV s.d kelas VI. | profesional |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar