”Manggarai Timur matahariku, cintaku padamu!”

Sabtu, 25 November 2017

Kisi-Kisi UKG Kelas Atas

Nodeskripsi kompetensi intideskripsi guru mapel / keahliandeskripsi indikatorJenis
1Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektualMemahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik terhadap pendidikanpedagogik
2Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektualMemahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.Membedakan berbagai aspek perkembangan peserta didik berdasarkan ciri-cirinyapedagogik
3Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektualMengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MIMenentukan kesulitan belajarpedagogik
4Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektualMengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MIMenentukan faktor penyebab kesulitan belajarpedagogik
5Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MIMerancang kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan pembelajaran yang dipilihpedagogik
6Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MIMemilih pengalaman belajar yang sesuai dengan lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelasV1pedagogik
7Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.Menentukan materi pembelajaran yang esensial sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditentukanpedagogik
8Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.pedagogik
9Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapanganMelaksanakan pembelajaran pembelajaran yang mendidik di kelas, laboratorium, maupun lapangan sesuai rambu-rambu kurikulum yang berlakupedagogik
10Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelas VIuntuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuhpedagogik
11Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.Mengidentifikasi jenis-jenis media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaranpedagogik
12Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal.Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek pengetahuan untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didikpedagogik
13Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal.Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kreativitas untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didikpedagogik
14Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.Berkomunikasi scr efektif, empatik, & santun dg peserta didik dg bhs yg khas dlm interaksi pembelajaran yg terbangun scr siklikal dr (a) penyiapan kondisi psikologis , (b) memberikan pertanyaan/tgs sbg undangan u/ merespons, (c) respons , (d) reaksi guru,Memberikan tanggapan terhadap respon peserta didik dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santunpedagogik
15Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI.Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI kelas 4 s.d kelas 6.pedagogik
16Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.Menentukan instrumen evaluasi proses dan hasil belajarpedagogik
17Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.Memvalidasi instrumen yang akan digunakanpedagogik
18Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.Melakukan evaluasi proses dan hasil belajarMenentukan teknik evaluasi proses dan hasil belajarpedagogik
19Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.Melakukan evaluasi proses dan hasil belajarMenerapkan teknik evaluasi proses dan hasil belajarpedagogik
20Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar.Mengkonstruksikan hasil penilaian dan evaluasi dengan KKM yang sudah ditentukanpedagogik
21Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.Merancang program remedial dengan menggunakan hasil penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaranpedagogik
22Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.pedagogik
23Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI.Mengidentifikasi permasalahan Pembelajaran di kelas terkait lima mata pelajaran SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTK.pedagogik
24Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI.Merumuskan masalah di kelas terkait lima mata pelajaran SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTKpedagogik
25Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa.Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasaprofesional
26Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.Menerapkan ragam bahasa Indonesia dalam pembelajaranprofesional
27Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Menerapkan kaidah bahasa Indonesia (morfologi=tata bentukan dan tata istilah sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)profesional
28Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Menerapkan kaidah bahasa Indonesia semantik (makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)profesional
29Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sintaksis (tata kalimat sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)profesional
30Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)profesional
31Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif. Membaca, membaca teks, membaca nyaring.profesional
32Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Memahami teori dan genre sastra Indonesia.Membedakan sastra lama dan sastra baruprofesional
33Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Memahami teori dan genre sastra Indonesia.Menjelaskan genre sastra Indonesiaprofesional
34Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif.Mengidentifikasi unsur intrinsik puisiprofesional
35Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika).Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Menentukan relasi (lebih dari, kurang dari, atau sama dengan) antara dua pecahan dengan penyebut berbeda.profesional
36Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika).Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Menggunakan KPK dan FPB dalam penjumlahan atau pengurangan dua pecahan atau lebih dengan penyebut berbeda.profesional
37Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika).Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Menentukan untung atau rugi yang melibatkan perbandingan dan bilangan pecah dalam bentuk persen.profesional
38Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika).Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Menginterpretasikan data yang ditampilkan dalam bentuk tabel, diagram batang, atau diagram lingkaran.profesional
39Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika).Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Menentukan rata-rata, median, atau modus suatu kumpulan data dengan menggunakan statistik sederhana.profesional
40Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika).Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Menerapkan hubungan antara waktu, jarak, dan kecepatanprofesional
41Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika).Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Menentukan luas daerah bangun datar (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajargenjang, layang-layang, trapesium, segitiga, lingkaran, gabungan bangun datar)profesional
42Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika).Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Menunjukkan hasil rotasi dan pencerminan suatu poligon dengan menggunakan gambarprofesional
43Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika).Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Menentukan volume bangun ruang (kubus, balok, limas, prisma, silinder dan gabungan bangun ruang)profesional
44Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika).Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hariMenyelesaikan masalah matematika atau masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan operasi hitung campuran, bilangan berpangkat dan akar, FPB dan KPKprofesional
45Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika).Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hariMenyelesaikan masalah matematika atau masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat dan bilangan pecahanprofesional
46Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika).Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hariMenyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatanprofesional
47Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA).Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.profesional
48Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA).Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Menjelaskan pembentukan makanan pada tumbuhan hijauprofesional
49Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA).Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Mendeskripsikan jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusiaprofesional
50Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA).Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Mengidentifikasi perubahan wujud bendaprofesional
51Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA).Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Membedakan campuran homogen dari campuran heterogenprofesional
52Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA).Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Menentukan suatu hasil pengukuranprofesional
53Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA).Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Menjelaskan pemanfaatan gaya dalam pesawat sederhanaprofesional
54Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA).Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Menjelaskan perubahan energiprofesional
55Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA).Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Menentukan perbedaan waktu di suatu tempatprofesional
56Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA).Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan lingkunganprofesional
57Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS).Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.Menganalisis hakekat mempelajari ilmu Pengetahuan Sosialprofesional
58Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS).Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.Menentukan kajian materi pembelajaran IPS yang meningkatkan pemahaman pengetahuan IPSprofesional
59Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS).Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.Menganalsis aktivitas pembelajaran yang meningkatkan keterampilan IPSprofesional
60Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS).Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.Menjelaskan konsep-konsep pada materi pembelajaran IPSprofesional
61Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS).Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global.Menjelaskan nilai-nilai ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinekaan dan dinamika kehidupan globalprofesional
62Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS).Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global.Menganalisis aktivitas pembelajaran yang meningkatkan sikap menghargai perbedaan keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesiaprofesional
63Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS).Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan globalMengidentifikasi fenomena interaksi IPTEK dan perkembangan masyarakat dalam ketergantungan globalprofesional
64Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS).Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan globalMenganalisis penyebab interaksi IPTEK, seni dan agama terhadap perkembangan masyarakatprofesional
65Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS).Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan globalMenganalisis dampak interaksi IPTEK, seni dan agama terhadap perkembangan masyarakatprofesional
66Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn).Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn.Menganalisis contoh perilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat berbangsa dan bernegaraprofesional
67Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn).Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn.Menganalisis kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan secara tematik sesuai dengan karakteristik mata pelajaranprofesional
68Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn).Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara.Menganalisis prinsip kepribadian nasional berdasarkan kebhinekaan budaya daerahprofesional
69Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn).Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara.Mendeskripsikan demokrasi konstitusional Indonesia sesuai dengan semangat kebangsaanprofesional
70Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn).Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara.Menganalisis contoh sikap dan perilaku cinta tanah air serta bela negara berdasarkan karakter masyarakat Indonesiaprofesional
71Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn).Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benarMendeskripsikan prinsip penegakan hukum yang adil dan benarprofesional
72Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn).Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benarMenganalisis contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstualprofesional
73Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn).Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia.Menjelaskan konsep moral kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan duniaprofesional
74Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn).Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia.Menganalisis contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstualprofesional
75Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.Memahami tujuan pembelajaran lima mata pelajaran SD/MIMenganalisis aktivitas pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran di SD/MI kelas IV s.d kelas VI.profesional
76Mengembangkan materi pembelajaran yang diampuMemilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.Menentukan ruang lingkup materi/bahan ajar sesuai dengan IPK lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelas IV.profesional
77Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.Memilih bahan refleksi yang tepat untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guruprofesional
78Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.Mengetahui konsep dan prosedur penelitian tindakan kelasprofesional
79Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.Menggunakan webblog untuk mengirim dokumen literatur pembelajaran matematika SD, kelas IV dan s.d VI. (1)profesional
80Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.Menggunakan situs Learning Management System (LMS) untuk mengikuti pelatihan online bagi guru SD kelas IV s.d kelas VI.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar