”Manggarai Timur matahariku, cintaku padamu!”

Sabtu, 25 November 2017

Kisi-Kisi UKG Kelas Bawah

Nodeskripsi kompetensi intideskripsi guru mapel / keahliandeskripsi indikatorJenis
1Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektualMemahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik terhadap pendidikanpedagogik
2Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektualMemahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.Membedakan berbagai aspek perkembangan peserta didik berdasarkan ciri-cirinyapedagogik
3Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektualMengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MIMenentukan kesulitan belajarpedagogik
4Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektualMengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MIMenentukan faktor penyebab kesulitan belajarpedagogik
5Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MIMerancang kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan pembelajaran yang dipilihpedagogik
6Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MIMemilih pengalaman belajar yang sesuai dengan lima mata pelajaran SD/MI kelas I s.d. kelas III (1)pedagogik
7Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.Menentukan materi pembelajaran yang esensial sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditentukanpedagogik
8Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.pedagogik
9Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapanganMelaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, laboratorium, maupun lapangan sesuai rambu-rambu kurikulum yang berlakupedagogik
10Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh (1)pedagogik
11Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.Mengidentifikasi jenis-jenis media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaranpedagogik
12Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal.Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek pengetahuan untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didikpedagogik
13Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnyaMelaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kreativitas untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didikpedagogik
14Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.Berkomunikasi scr efektif, empatik, & santun dg peserta didik dg bhs yg khas dlm interaksi pembelajaran yg terbangun scr siklikal dr (a) penyiapan kondisi psikologis , (b) memberikan pertanyaan/tgs sbg undangan u/ merespons, (c) respons , (d) reaksi guru, dstMemberikan tanggapan terhadap respon peserta didik dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santunpedagogik
15Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI.Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI kelas I s.d kelas III (1)pedagogik
16Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.Menentukan instrumen evaluasi proses dan hasil belajarpedagogik
17Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.Memvalidasi instrumen yang akan digunakanpedagogik
18Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.Melakukan evaluasi proses dan hasil belajarMenentukan teknik evaluasi proses dan hasil belajarpedagogik
19Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.Melakukan evaluasi proses dan hasil belajarMenerapkan teknik evaluasi proses dan hasil belajarpedagogik
20Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar.Mengkonstruksikan hasil penilaian dan evaluasi dengan KKM yang sudah ditentukanpedagogik
21Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.Merancang program remedial dengan menggunakan hasil penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaranpedagogik
22Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.pedagogik
23Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI.Mengidentifikasi permasalahan Pembelajaran di kelas terkait lima mata pelajaran SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTK.pedagogik
24Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI.Merumuskan masalah di kelas terkait lima mata pelajaran SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTKpedagogik
25Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa.Menjelaskan tahapan pemerolehan bahasa anakprofesional
26Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.Menyebutkan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesiaprofesional
27Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.Mengidentifikasi ragam bahasa Indonesiaprofesional
28Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)profesional
29Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Menerapkan kaidah bahasa Indonesia semantik (makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)profesional
30Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sintaksis (tata kalimat sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)profesional
31Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Mengidentifikasi isi wacana (konten IPS)profesional
32Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Mengidentifikasi jenis wacana (konten IPS)profesional
33Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Mengidentifikasi fakta yang terdapat dalam wacanaprofesional
34Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)profesional
35Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif. Membaca (Membaca Menulis Permulaan), membaca teks, membaca nyaring.profesional
36Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Memahami teori dan genre sastra Indonesia.Membedakan sastra lama dan sastra baruprofesional
37Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Memahami teori dan genre sastra Indonesia.Menjelaskan genre sastra Indonesiaprofesional
38Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif.Mengidentifikasi unsur instrinsik puisiprofesional
39Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif.Menulis cerita pendekprofesional
40Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Menentukan hasil operasi hitung campuran yang melibatkan tiga atau lebih pada bilangan bulat.profesional
41Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Memprediksi pola-pola bilangan sederhanaprofesional
42Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 500 sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawabanprofesional
43Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Membandingkan dua pecahan (lebih dari, sama dengan, kurang dari) berikut representasinya dalam bentuk gambarprofesional
44Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Membandingkan dua bilangan pecahan desimal (lebih dari, sama dengan, kurang dari)profesional
45Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Menentukan untung atau rugi yang melibatkan nilai pecahan uangprofesional
46Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Menaksir hasil perhitungan dengan strategi pembulatan satuan, pembulatan puluhan, dan pembulatan ratusanprofesional
47Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Membaca, mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang ditampilkan dalam bentuk tabel atau diagram batang.profesional
48Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Menentukan rata-rata, median, atau modus suatu kumpulan data dengan dengan menggunakan statistik sederhanaprofesional
49Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Menentukan konversi satuan berat, waktu, dan panjang.profesional
50Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.Mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudutprofesional
51Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyataMenunjukkan hasil rotasi dan pencerminan suatu bangun datar dengan menggunakan gambarprofesional
52Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyataMenggunakan gambar atau representasi lain secara tepat untuk menyelesaikan masalah matematika atau masalah dalam dunia nyata yang melibatkan operasi hitung (tambah, kurang, kali, bagi) atau relasi (lebih besar, lebih kecil sama dengan) pada bilangan pecahprofesional
53Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hariMenggunakan sifat-sifat operasi hitung (assosiatif atau distributif) untuk melakukan operasi hitung dua bilangan atau lebih secara lebih cepat dalam menyelesaikan masalah matematika maupun masalah terkait yang ada dalam kehidupan sehari-hari.profesional
54Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hariMenyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan operasi hitung campuran, bilangan berpangkat dan akar, FPB dan KPKprofesional
55Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hariMenyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat dan bilangan pecahan sederhanaprofesional
56Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hariMenyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan perbandinganprofesional
57Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika)Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hariMenyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan strategi gambar atau model matematika sederhanaprofesional
58Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA).Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Mendeskripsikan daur hidup hewanprofesional
59Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA).Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Mendeskripsikan perkembangbiakan tanamanprofesional
60Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA).Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Mengubah satuan dalam besaran fisikaprofesional
61Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA).Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Membedakan jenis-jenis rangkaian listrikprofesional
62Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA).Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.Menjelaskan berbagai peristiwa alamprofesional
63Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn)Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn.Mengidentifikasi macam-macam norma dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitarprofesional
64Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn)Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn.Mendeskripsikan perilaku kebersamaan dalam keberagaman dalam interaksi dengan sesama teman di sekolah dan masyarakatprofesional
65Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn)Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn.Mengidentifikasi contoh perilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat berbangsa dan bernegaraprofesional
66Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn)Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn.Mengidentifikasi kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sesuai dengan kompetensi dasarprofesional
67Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn)Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara.Mengidentifikasi konsep kepribadian nasional berdasarkan kebhinekaan budaya daerahprofesional
68Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn)Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara.Mengidentifikasi sikap dan perilaku cinta tanah air serta bela negara berdasarkan karakter masyarakat Indonesiaprofesional
69Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn)Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benarMengidentifikasi konsep perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitarprofesional
70Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn)Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benarMengidentifikasi prinsip perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitarprofesional
71Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn)Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benarMendeskripsikan perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstualprofesional
72Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn)Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia.Menjelaskan konsep nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan duniaprofesional
73Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn)Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia.Mengidentifikasi contoh sikap dan perilaku berdasarkan moral kewarganegaraan secara kontekstualprofesional
74Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn)Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia.Mendeskripsikan contoh sikap dan perilaku masyarakat yang cinta tanah air sebagai pendukung NKRIprofesional
75Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.Memahami tujuan pembelajaran lima mata pelajaran SD/MIMenentukan tujuan pembelajaran sesuai IPK lima mata pelajaran SD/MI kelas I s.d kelas III (1)profesional
76Mengembangkan materi pembelajaran yang diampuMemilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.Menentukan ruang lingkup materi/bahan ajar sesuai dengan IPK lima mata pelajaran SD/MI kelas I s.d kelas III (1)profesional
77Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.Memilih bahan refleksi yang tepat untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guruprofesional
78Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.Mengetahui konsep dan prosedur penelitian tindakan kelasprofesional
79Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.Menggunakan email untuk mengirim dokumen literatur pembelajaran matematika SD, kelas I dan s.d III (1)profesional
80Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.Menggunakan mesin pencari untuk mencari referensi penelitian tindakan kelas.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar