1 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik terhadap pendidikan | pedagogik |
2 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | Membedakan berbagai aspek perkembangan peserta didik berdasarkan ciri-cirinya | pedagogik |
3 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | Menentukan kesulitan belajar | pedagogik |
4 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI | Menentukan faktor penyebab kesulitan belajar | pedagogik |
5 | Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. | Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MI | Merancang kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan pembelajaran yang dipilih | pedagogik |
6 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. | Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI | Memilih pengalaman belajar yang sesuai dengan lima mata pelajaran SD/MI kelas I s.d. kelas III (1) | pedagogik |
7 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. | Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. | Menentukan materi pembelajaran yang esensial sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditentukan | pedagogik |
8 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. | Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | pedagogik |
9 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. | Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan | Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, laboratorium, maupun lapangan sesuai rambu-rambu kurikulum yang berlaku | pedagogik |
10 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. | Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh (1) | pedagogik |
11 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. | Mengidentifikasi jenis-jenis media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran | pedagogik |
12 | Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. | Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal. | Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek pengetahuan untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik | pedagogik |
13 | Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. | Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya | Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kreativitas untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik | pedagogik |
14 | Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. | Berkomunikasi scr efektif, empatik, & santun dg peserta didik dg bhs yg khas dlm interaksi pembelajaran yg terbangun scr siklikal dr (a) penyiapan kondisi psikologis , (b) memberikan pertanyaan/tgs sbg undangan u/ merespons, (c) respons , (d) reaksi guru, dst | Memberikan tanggapan terhadap respon peserta didik dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun | pedagogik |
15 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI. | Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI kelas I s.d kelas III (1) | pedagogik |
16 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Menentukan instrumen evaluasi proses dan hasil belajar | pedagogik |
17 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Memvalidasi instrumen yang akan digunakan | pedagogik |
18 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar | Menentukan teknik evaluasi proses dan hasil belajar | pedagogik |
19 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar | Menerapkan teknik evaluasi proses dan hasil belajar | pedagogik |
20 | Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. | Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar. | Mengkonstruksikan hasil penilaian dan evaluasi dengan KKM yang sudah ditentukan | pedagogik |
21 | Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. | Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. | Merancang program remedial dengan menggunakan hasil penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran | pedagogik |
22 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | pedagogik |
23 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI. | Mengidentifikasi permasalahan Pembelajaran di kelas terkait lima mata pelajaran SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTK. | pedagogik |
24 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI. | Merumuskan masalah di kelas terkait lima mata pelajaran SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTK | pedagogik |
25 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. | Menjelaskan tahapan pemerolehan bahasa anak | profesional |
26 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. | Menyebutkan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia | profesional |
27 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. | Mengidentifikasi ragam bahasa Indonesia | profesional |
28 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (fonologi=ejaan dan lafal sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar) | profesional |
29 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Menerapkan kaidah bahasa Indonesia semantik (makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar) | profesional |
30 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sintaksis (tata kalimat sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar) | profesional |
31 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengidentifikasi isi wacana (konten IPS) | profesional |
32 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengidentifikasi jenis wacana (konten IPS) | profesional |
33 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | Mengidentifikasi fakta yang terdapat dalam wacana | profesional |
34 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis) | profesional |
35 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) | Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif. Membaca (Membaca Menulis Permulaan), membaca teks, membaca nyaring. | profesional |
36 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Memahami teori dan genre sastra Indonesia. | Membedakan sastra lama dan sastra baru | profesional |
37 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Memahami teori dan genre sastra Indonesia. | Menjelaskan genre sastra Indonesia | profesional |
38 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif. | Mengidentifikasi unsur instrinsik puisi | profesional |
39 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia). | Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif. | Menulis cerita pendek | profesional |
40 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menentukan hasil operasi hitung campuran yang melibatkan tiga atau lebih pada bilangan bulat. | profesional |
41 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Memprediksi pola-pola bilangan sederhana | profesional |
42 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 500 sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban | profesional |
43 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Membandingkan dua pecahan (lebih dari, sama dengan, kurang dari) berikut representasinya dalam bentuk gambar | profesional |
44 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Membandingkan dua bilangan pecahan desimal (lebih dari, sama dengan, kurang dari) | profesional |
45 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menentukan untung atau rugi yang melibatkan nilai pecahan uang | profesional |
46 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menaksir hasil perhitungan dengan strategi pembulatan satuan, pembulatan puluhan, dan pembulatan ratusan | profesional |
47 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Membaca, mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang ditampilkan dalam bentuk tabel atau diagram batang. | profesional |
48 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menentukan rata-rata, median, atau modus suatu kumpulan data dengan dengan menggunakan statistik sederhana | profesional |
49 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Menentukan konversi satuan berat, waktu, dan panjang. | profesional |
50 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. | Mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut | profesional |
51 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata | Menunjukkan hasil rotasi dan pencerminan suatu bangun datar dengan menggunakan gambar | profesional |
52 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata | Menggunakan gambar atau representasi lain secara tepat untuk menyelesaikan masalah matematika atau masalah dalam dunia nyata yang melibatkan operasi hitung (tambah, kurang, kali, bagi) atau relasi (lebih besar, lebih kecil sama dengan) pada bilangan pecah | profesional |
53 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Menggunakan sifat-sifat operasi hitung (assosiatif atau distributif) untuk melakukan operasi hitung dua bilangan atau lebih secara lebih cepat dalam menyelesaikan masalah matematika maupun masalah terkait yang ada dalam kehidupan sehari-hari. | profesional |
54 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan operasi hitung campuran, bilangan berpangkat dan akar, FPB dan KPK | profesional |
55 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat dan bilangan pecahan sederhana | profesional |
56 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan perbandingan | profesional |
57 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika) | Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan strategi gambar atau model matematika sederhana | profesional |
58 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). | Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. | Mendeskripsikan daur hidup hewan | profesional |
59 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). | Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. | Mendeskripsikan perkembangbiakan tanaman | profesional |
60 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). | Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. | Mengubah satuan dalam besaran fisika | profesional |
61 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). | Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. | Membedakan jenis-jenis rangkaian listrik | profesional |
62 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA). | Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA. | Menjelaskan berbagai peristiwa alam | profesional |
63 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) | Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn. | Mengidentifikasi macam-macam norma dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar | profesional |
64 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) | Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn. | Mendeskripsikan perilaku kebersamaan dalam keberagaman dalam interaksi dengan sesama teman di sekolah dan masyarakat | profesional |
65 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) | Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn. | Mengidentifikasi contoh perilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat berbangsa dan bernegara | profesional |
66 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) | Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn. | Mengidentifikasi kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sesuai dengan kompetensi dasar | profesional |
67 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) | Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara. | Mengidentifikasi konsep kepribadian nasional berdasarkan kebhinekaan budaya daerah | profesional |
68 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) | Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara. | Mengidentifikasi sikap dan perilaku cinta tanah air serta bela negara berdasarkan karakter masyarakat Indonesia | profesional |
69 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar | Mengidentifikasi konsep perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar | profesional |
70 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar | Mengidentifikasi prinsip perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar | profesional |
71 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) | Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar | Mendeskripsikan perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual | profesional |
72 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) | Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia. | Menjelaskan konsep nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia | profesional |
73 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) | Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia. | Mengidentifikasi contoh sikap dan perilaku berdasarkan moral kewarganegaraan secara kontekstual | profesional |
74 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn) | Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia. | Mendeskripsikan contoh sikap dan perilaku masyarakat yang cinta tanah air sebagai pendukung NKRI | profesional |
75 | Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. | Memahami tujuan pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI | Menentukan tujuan pembelajaran sesuai IPK lima mata pelajaran SD/MI kelas I s.d kelas III (1) | profesional |
76 | Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu | Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. | Menentukan ruang lingkup materi/bahan ajar sesuai dengan IPK lima mata pelajaran SD/MI kelas I s.d kelas III (1) | profesional |
77 | Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. | Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus. | Memilih bahan refleksi yang tepat untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru | profesional |
78 | Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. | Mengetahui konsep dan prosedur penelitian tindakan kelas | profesional |
79 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi. | Menggunakan email untuk mengirim dokumen literatur pembelajaran matematika SD, kelas I dan s.d III (1) | profesional |
80 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri. | Menggunakan mesin pencari untuk mencari referensi penelitian tindakan kelas. | profesional |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar